Kamis, 01 September 2011

Transform Handle

Transform handle digunakan untuk mengubah ukuran posisi sebuah obyek. Untuk menampilkannya cukup dengan menekan tombol mouse di atas obyek tersebut. tampilan transform handle akan tampak seperti pada gambar di bawah ini :

Perhatikan pada gambar di atas! Ketika sebuah obyek di klik maka transform handle akan muncul dengan ditandai beberapa macam titik di sudut dan sisinya. Pada dasarnya ada 4 fungsi tanda yang muncul ketika mengaktifkan transform handle. Tanda-tanda yang akan muncul tersebut dapat dilihat pada gambar di bawah ini:
  • Tanda ini akan muncul ketika kita meletakkan kursor tepat di atas obyek. Tanda ini disebut sebagai tanda Move yang berfungsi untuk menggerakkan obyek berpindah dari tempat semula ke tempat lain. Cara menggunakannya adalah dengan klik tahan lalu geser.

  • Di atas obyek terdapat tanda lingkaran berwarna hijau. Tanda lingkaran ini berfungsi jika kita ingin memutar obyek

  • Tanda yang berada di setiap sudut digunakan untuk memperbesar dengan perbandingan skala, artinya panjang dan lebar akan menyesuaikan dengan perbesaran yang dilakukan.

  • Tanda yang ada di sisi kanan dan kiri digunakan untuk memperpanjang ukuran sedangkan sisi atas dan bawah untuk memperlebar obyek

Selamat mencoba dan ...
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar