Minggu, 10 Juli 2011

Dakwah dengan TIK

"kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran" (QS.Al Ashr : 3 )
Dalam surat Al Ashr ayat 3 telah dijelaskan bahwa menasehati adalah termasuk ciri - ciri orang beriman. Setiap muslim yang beriman kepada Allah memiliki kewajiban untuk menasehati kepada saudaranya. Sayang sekali jika kesalehan kita hanyalah kita yang menikmati sementara saudara kita lalai dalam menjalankan perintah agama. Tentu saja langkah untuk menasehati ada caranya, pertama adalah sabar. Kesabaran merupakan kunci keberhasilan kita saat menasehati saudara kita. Bagaimana saudara kita akan menuruti nasehat jika kita menyampaikannya dengan cara yang buruk. sebagaimana firman Allah dalam surat An Nahl ayat 125 yang artinya:
 “Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah….”
artinya sampaikanlah nasehat itu dengan cara yang baik dan dengan hikmah. Sabar jika nasehat kita tidak langsung dilaksanakan oleh saudara kita karena tugas kita hanyalah menyampaikan kebenaran.
Ms. Powerpoint 2007 pada dasarnya dibuat untuk memberikan kemudahan kepada pengguna untuk menyajikan informasi yang menarik. Ms. Powerpoint 2007 dapat digunakan sebagai salahsatu strategi dakwah agar nasehat yang kita sampaikan dapat menarik sehingga saudara kita mau mendengar dan melihat nasehat lalu melakukannya.
Pada beberapa tahun yang lalu saat Pak Estu belajar di Belanda, pada hari Jumat melakukan shalat jumat di masjid di sana. Ada hal yang menarik dalam khutbah di dalam masjid tersebut ialah pengkhutbah menggunakan Ms. Powerpoint dalam memabantu menyampaikan khutbah Jumat.
Nah, sekarang giliran kalian untuk merancang sebuah presentasi dengan Ms. Powerpoint yang berisi nasehat-nasehat agar saudara kita menjadi lebih baik dalam hidupnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar