Rabu, 31 Agustus 2011

Memberi Warna Shapes

Menyisipkan shapes sudah, mengubah ukurannya pun sudah, tetapi tidak seru jika warna shapes hanya seperti pada awal kita membuat bukan? Nah, berikut ini adalah video tutorial cara memberi warna shapes sehingga shapes bisa tampil lebih menarik


Untuk menambah ketrampilan kalian dalam Menyisipkan shapes , mengubah ukurannya, dan memberi warna Pak Estu sediakan gambar di bawah ini untuk bahan latihan kalian:


Selamat mencoba dan ...

LATIHAN SOAL ONLINE 3

Sebelum kalian memasuki materi selanjutnya, Ayo, coba kerjakan soal berikut ini agar kompetensimu semakin terasah dalam materi menyisipkan teks, WordArts, Picture, Cliparts, dan Shapes


Selasa, 30 Agustus 2011

Mengubah Ukuran Shapes

Kalian telah mengetahui cara menyisipkan Shapes bukan? Nah, simak video tutorial berikut ini untuk mengetahui cara mengubah ukuran shapes.

 Selamat mencoba dan ...

Cara Menyisipkan Shapes


Shapes adalahobyek yang terdiri dari berbagai macam bentuk seperti garis, geometri dasar ( lingkaran, kotak,segitiga, segi enam dll ), bintang, tanda panah, dan alur diagram. Bentuk tersebut telah disediakan oleh Powerpoint 2007 sehingga memudahkan bagi kita untuk menggunakannya.

Langkah-langkah menyisipkan Shapes adalah sebagai berikut:
  1. Klik menu Insert
  2. Pada kategori Illustrations, pilih Shapes
  3. Klik Shapes yang diinginkan
  4. Klik tahan lalu geser untuk mengambar shapes tersebut di slide presentasi


Agar lebih jelas simak video tutorial berikut ini!

 

Selamat mencoba dan ...

Minggu, 28 Agustus 2011

Cara Menyisipkan Gambar dari File

Pada materi sebelumnya kita telah belajar bagaimana cara menyisipkan gambar dari cliparts. Nah, kali ini kita akan mencoba menyisipkan gambar yang diambil dari file di komputer kita. gambar tersebut adalah gambar yang kita buat sendiri, foto-foto pribadi maupun gambar hasil download di internet. Simak caranya:
  • Klik Menu Insert
  • Pilih Picture

belajar powerpoint 2007 bersama estu pitarto
  • Muncul jendela Insert Picture
belajar powerpoint 2007 bersama estu pitarto



Pilih tempat dimana kita menyimpan gambar atau foto kita, misalnya di My Document lalu pilih My Picture
belajar powerpoint 2007 bersama estu pitarto

  • Pilih gambar, misalnya dalam contoh ini adalah gambar Apel
  • Klik Insert, dan tunggu beberapa saat...
  • Inilah tampilan setelah kita menekan tombol insert

belajar powerpoint 2007 bersama estu pitarto

Untuk lebih jelasnya, simak video tutorial berikut ini!

Selamat Mencoba dan...

Jumat, 26 Agustus 2011

Cara Menyisipkan ClipArts

Cliparts adalah fasilitas gambar yang disediakan oleh Microsoft. Cliparts ada pada produk-produk Microsoft seperti Word, Excel dan juga Powerpoint. Cliparts digunakan sebagai ilustrasi teks yang dibuat atau pun sebagai penghias slide. Berikut ini langkah-langkah untuk menyisipkan Cliparts ke dalam slide:
Belajar Powerpoint 2007 Bersama Estu Pitarto



Belajar Powerpoint 2007 Bersama Estu Pitarto


  1. Klik menu Insert
  2. Pilih Cliparts pada kategori Illustrations
  3. Pada bagian kanan area kerja akan muncul Taskpane ClipArts
  4. Klik tombol Go untuk menampilkan semua gambar Cliparts
  5. Pilih Cliparts yang diinginkan
  6. Cliparts pilihan telah tampil di slide
  7. Atur sesuai selera











Cara lain untuk menyisipkan gambar ClipArts:
Belajar Powerpoint 2007 Bersama Estu Pitarto


  1. Klik menu Insert
  2. Pilih Cliparts pada kategori Illustrations
  3. Pada bagian kanan area kerja akan muncul Taskpane ClipArts
  4. Klik tombol Go untuk menampilkan semua gambar Cliparts
  5. Klik Kanan pada Cliparts yang dipilih yang diinginkan
  6. Pilih Insert
  7. Cliparts pilihan telah tampil di slide
  8. Atur sesuai selera
Agar lebih jelas, silahkan simak video tutorial berikut ini:


Selamat mencoba dan ...

Kamis, 25 Agustus 2011

Cara Menyisipkan Word Arts

Wordart adalah kumpulan teks yang telah diberi beberapa efek. Fungsi Wordarts ini dapat digunakan sebagai tulisan indh dalam presentasi. Biasanya digunakan juga sebagai judul sebuah presentasi.

Untuk menggunakan fasilitas Wordarts dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:
  • Klik pada Menu Insert
  • Pilih pada kategori Text
  • Klik Logo huruf A, maka akan tampil beberapa pilihan WordArts
  • Pilih salah satu, maka akan tampil tulisan " Your Text Here"
  • Klik di tengah tulisan tersebut, hapus dengan tombol delete atau backspace
  • Ketik kata yang kita inginkan
  • Klik diluar area untuk mengakhiri

Langkah-langkah menyisipkan wordarts










Untuk lebih jelasnya, silahkan simak video di bawah ini:


Semoga bermanfaat dan ...

Selasa, 23 Agustus 2011

Cara Menyisipkan Teks

Teks adalah komponen penting dalam sebuah presentasi dan bahkan menjadi komponen utama. Dengannya orang-orang dapat menerima pesan yang disampaikan. Nah, berikut ini kita akan belajar bagaimana menyisipkan teks pada slide presentasi kita.
Langkah-langkahnya adalah sebagai berikuti:

Klik pada kotak yang bertuliskan Click to Add Title. Lihat gambar!


Ketikkan teks yang diinginkan pada kotak tersebut, misalnya; Lestari Hutanku

Untuk mengubah huruf yang terdapat dalam teks, berikut langkah-langkahnya:

  • Aktifkan Menu Home
  • Lihat pada kategori Font dan Paragraph

Keterangan:

  • A = Untuk mengubah bentuk huruf
  • B = Mengubah ukuran teks
  • C = Mengubah ketebalan ( B ), Miring ( I ), Memberi garis bawah ( U )
  • D = Mengubah warna teks
  • E = Mengubah posisi teks menjadi rata kiri, rata kanan, Tengah atau Rata kanan dan kiri
Untuk lebih jelasnya silahkan simak video berikut ini:


Semoga bermanfaat dan ...

Senin, 22 Agustus 2011

Cara Menampilkan Presentasi dengan Slide Show

Kita telah selesai mendesain dan merancang slide, selanjutnya akan ditampilkan kepada teman-teman, maka langkah berikutnya adalah dengan mengaktifkan fungsi tombol slide show.


Cara Pertama:
  1. Tekan pada menu bar Slide Show

  2. Klik tombol From Begining yang terdapat pada kategori Start Slide Show

Cara Kedua yaitu dengan menekan tombol Slide Show yang terdapat di bagian bawah kanan slide
Agar lebih jelas, simak video tutorial berikut ini:

Sabtu, 20 Agustus 2011

Cara Mengatur Desain Slide yang Berbeda

Masih ingat cara membuat presentasi baru, cara menambah jumlah slide pada materi sebelumnya dan cara memilih desain slide? Alhamdulillah jika kalian masih ingat dengan materi tersebut karena pada materi kali ini kita akan membuat desain sldie yang berbeda antara slide satu dengan slide lainnya.

Mari kita langsung praktikkan dengan materi di bawah ini:
  • Buat sebuah presentasi baru

  • Tambah jumlah slide misalnya dua buah

  • Pilih pada menu Desain

  • Pilih desain slide pada kategori Themes misalnya, Foundry



  • Maka dua buah slide yang telah dibuat akan menampilkan desain Foundry

  • Selanjutnya aktifkan slide yang akan kita ubah desainnya, misalnya slide dua pada kotak thumbnail slides / outline

  • Aktifkan menu Desain dengan kategori Themes, klik kanan pada salahsatu desain misalnya desain Flow

  • Akan muncul jendela pilihan seperti gambar di bawah ini


  • Pilih Apply to Selected Slides

  • Maka slide kedua telah berubah desainnya dengan tema Flow

===============================================
Tugas !
  1. Buatlah sebuah presentasi baru

  2. Buat dengan 5 buah slide

  3. Berilah 5 buah slide tersebut dengan desain yang berbeda-beda.


Selamat mencoba, Jangan lupa kirim hasil karyamu ke Pak Estu,ya. Boleh via email boleh langsung melalui flashdisk!

    Rabu, 17 Agustus 2011

    Slide Design

    Hai anak Adam Sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. dan pakaian takwa. Itulah yang paling baik. yang demikian itu adalah sebahagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, Mudah-mudahan mereka selalu ingat.
    (Qs. Al Araaf : 26 ) 

    Pakaian bagi manusia memiliki dua fungsi yaitu untuk menutup aurat dan untuk perhiasan. Tubuh yang tertutup dengan pakaian maka manusia pasti akan terjaga kehormatannya. Bayangkan jika manusia tak memiliki pakaian! maka berterimakasihlah kalian kepada penjahit atas jasanya. Selain itu pakaian juga mampu menjadi perhiasan karena dengannya kita terlihat menarik, maka bersyukurlah dan tak lupa untuk tetap rendah hati agar terhindar dari bahaya riya' dan ujub.

    Pada program Ms.Powerpoint 2007 pun demikian, microsoft telah menyediakan berbagai macam desain slide sebagai penghias untuk membuat presentasi tampil menarik. Pada versi 2007 ini pengguna dimanjakan dengan tampilan desain yang menarik dan bervariasi dibandingkan dengan versi sebelumnya. Tampilan desain tersebut bisa dilihat pada gambar di bawah ini:
     Untuk menerapkan desain-desain tersebut berikut langkah-langkahnya:
    1. Buat sebuah presentasi baru

    2. Klik menu bar Design 

    3. Pada kategori Themes, pilih tema atau desain yang kalian inginkan.

    4. Klik tanda segitiga kecil pada ujung kanan bawah untuk mengetahui seluruh desain yang disediakan. 


    Selasa, 16 Agustus 2011

    Layout

    Layout adalah sebuah tata letak yang disediakan oleh Ms.Powerpoint 2007 untuk mengatur tampilan presentasi. Setiap layout terdiri atas placeholder tempat memasukkan objek presentasi. Singkatnya Layout bertugas untuk menata isi teks dan gambar pada slide powerpont 2007.

    Ada beberapa macam layout yang disediakan yaitu:

    1. Title Slide

    2. Title and Content

    3. Section Header

    4. Two Content

    5. Comaprison

    6. Title Only

    7. Blank

    8. Content with Caption

    9. Picture with Caption







    Langkah-langkah untuk menentukan jenis layout bisa dilihat pada video berikut ini:

    Minggu, 14 Agustus 2011

    Produk Lain Dari Powerpoint



    Break Dulu Ah!


    Anak-anakku, dalam break kali ini, Pak Estu akan memberikan sebuah informasi tentang Ms.Powerpoint. Simak ya, tetapi santai aja...

    Pada dasarnya Ms.Powerpoint digunakan sebagai media untuk presentasi, namun dalam perkembangannya Powerpoint bisa dimanfaatkan untuk produk yang lainnya, lho!


    Contoh produk digital yang dihasilkan dari penggunaan program Powerpoint yaitu Iklan animasi, Game Interaktif, Buku Elektronik, dan Desain Poster. Pak Estu masih banyak lagi produk yang bisa dihasilkan.

    Nah, kalian dapat membuat produk-produk itu lho asalkan mau dan terus semangat belajar serta tekun. Nggak boleh bosan, oleh karena itu terus kunjungi blog sicompi.blogspot.com ya!

    Cara Menambah Jumlah Slide Presentasi

    Pada materi kali ini kita akan belajar untuk menambah jumlah slide. Jika jumlah satu slide belum cukup untuk menampilkan presentasi kita maka tak ada jalan lain selain menambah jumlah slide. Caranya:
    Cara 1:

    1. Klik Menu Home

    2. Klik New Slide 





    Cara 1 Menambah Slide
    Cara 2:
    1. Klik Kanan pada slide yang ada

    2. Akan muncul jendela pilihan, pilih NewSlide





    Cara 2 : Cara menambah jumlah slide


    Sabtu, 13 Agustus 2011

    Cara Membuat Presentasi Baru

    Pada dasarnya ketika kita membuka program Ms.powerpoint berarti kita telah siap membuat sebuah file presentasi baru, Tetapi apakah kita akan selalu melakukan langkah dari awal membuka program untuk membuat presentasi baru? Kita perlu mengetahui bagaimana untuk membuat presentasi baru tanpa membuka ulang program dari awal.

    Untuk membuat dokumen baru perhatikan langkah-langkah berikut ini:

    1. klik logo Office Button

    2. Pilih New

    3. Pilih Blank Presentation

    4. Klik Create

    Perhatikan dalam video tutorial berikut ini:


    Cara kedua membuat presentasi baru dapat melalui quick acess, dengan catatan fasilitas New telah diaktifkan ( lihat materi Quick Access ). Caranya sederhana yakni cukup dengan klik tombol New.  Lihat video tutorial berikut ini:

    Cara Menyimpan Presentasi

    ..dan segala (urusan) yang kecil maupun yang besar adalah tertulis. 

    Manusia hidup di muka bumi ini tak lepas dari pengawasan Allah SWT. Ia melalui malaikat-Nya yakni Raqib dan Atid selalu mencatat setiap amal perbuatan manusia. Perbuatan manusia tersebut disimpan hingga pada saatnya nanti akan dibuka kembali. Demikian pula dengan presentasi yang kita buat dengan ms.powerpoint yang perlu untuk disimpan ( di-SAVE ) sehingga kelak dapat kita buka kembali jika kita perlukan.

    Ada beberapa langkah yang dapat kita lakukan saat kita akan menyimpan presentasi baru.
    Cara 1:
    1. Klik Office Button

    2. Klik tombol SAVE

    3. Pilih lokasi penyimpanan

    4. Ketik nama file di kotak filename

    5. Klik tombol Save

    Selain cara pertama, ada cara lain yang lebih cepat yakni dengan menggunakan fasilitas Quick Access. Cara menyimpan dengan menggunakan quick access dapat dilakukan jika tombol save telah diaktifkan dalam daftar quick access.
    Caranya tinggal kita tekan logo Save lalu lakukan langkah seperti pada nomor 3 sampai 5 cara pertama. ( Lihat gambar di samping )
    Agar lebih jelas tentang cara menyimpan, berikut video tutorial cara menyimpan presentasi baru.


    Cara kedua dapat dilakukan pula melalui Quick Acces:

    Cara Mengatur Jumlah Undo

    Pada materi sebelumnya yaitu cara mengoreksi kesalahan, kalian pasti telah mengetahui fungsinya bukan? Nah, pada materi ini kita kalian akan mempelajari bagaimana mengatur jumlah undo sehingga kalian dapat memperbaiki kesalahan pada langkah sebelumnya sampai dengan jumlah klik yang diinginkan. Berikut langkah-langkahnya:

    1. Tekan Office Button lalu pilih Powerpoint Options

    2. Pilih Advanced

    3. Perhatikan pada kotak warna merah pada gambar, tekan tanda panah atas untuk menambah jumlah undo yang bisa kalian lakukan.

    4. Tekan OK




    Langkah 1: klik office button lalu pilih powerpoint options








    Langkah 2 : Klik Advanced - 
    Langkah 3 : Pilih jumlah Undo
    Langkah 4 : Klik OK

    Minggu, 07 Agustus 2011

    Mengoreksi Kesalahan

    Dialah yang memberi rahmat kepadamu dan malaikat-Nya (memohonkan ampunan untukmu), supaya Dia mengeluarkan kamu dari kegelapan kepada cahaya (yang terang). dan adalah Dia Maha Penyayang kepada orang-orang yang beriman.


    Allah Maha Pengampun kepada hamba-Nya karena Allah Maha Penyayang. Ampunan dari Allah akan diberikan jika kita mengakui kesalahan yang kita lakukan. Dan hanya orang-orang beriman sajalah yang akan memohon ampunan kepada-Nya. Semua ini Allah lakukan karena Allah tahu bahwa manusia tak luput dari kesalahan. Oleh karena itu perbanyaklah Istighfar dan berjanji tak akan mengulangi kesalahan yang sama di kemudian hari.

    Manusia tak luput dari kesalahan, pun saat kita membuat sebuah presentasi dengan ms.powerpoint. Jika kalian salah langkah saat emmbuat presentasi dengan microsoft powerpoint, tenang saja. Jangan bingung dan jangan kawatir karena powerpoint telah menyediakan fasilitas UNDO dan REDO.


    UNDO 
    Undo digunakan untuk kembali pada langkah sebelumnya.Caranya:
    Klik logo disamping. Logo ini akan muncul jika kita telah mengaktifkannya pada menu Quick Access
    atau kita bisa menekan pada tombol Keyboard dengan menekan CTRL+Z


    REDO
    Redo digunakan untuk mengulang satu langkah kita ke depan. Logo ini akan muncul jika kita telah mengaktifkannya pada menu Quick Access atau kita bisa menekan pada tombol Keyboard dengan menekan CTRL+Y

    Slides/Outline

    Slides dan outline adalah jendela tambahan yang digunakan dalam microsoft Powerpoint 2007.Perhatikan gambar dibawah ini:



    Tampilan Jendela Slide / Outlines
    Jendela slide ini digunakan untuk menampilkan thumbnail slide. Jika kalian klik salahsatu  maka akan ditampilkan pada lembar kerja slide di sebelah kanannya.

    Slide

    Slide adalah lembar kerja tempat presentasi dibuat. Ketika kalian membuka lembaran baru maka yang akan muncul adalah slide kosong. Tampilan umum slide saat pertama kali dibuka adalah seperti gambar di bawah ini



    Tampilan Slide pada Umumnya

    Sabtu, 06 Agustus 2011

    Ribbon Menu

    Ribbon Menu adalah pengelompokan menu yang terdapat di ms.powerpoint 2007. Ribbon menu terdiri dari Menu Tab, Kategori Menu, serta fasilitas. Setiap menu akan memunculkan kategori yang berbeda. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini!













    Berikut ini adalah Menu-menu serta kategori yang ada pada ribbon menu:



    Tab Menu Home
    Tab menu HOME terdiri dari kategori :
    1. Clipboard , memiliki fasilitas seperti memotong, men-copy, mem-paste

    2. Slides, terdiri atas fasilitas New Slide ( membuat slide baru ), layout, Deleye slide dan duplikat slide.

    3. Font, terdiri atas penegelolaan huruf seperti jenis dan besarnya.

    4. Paragraph, terdiri dari fasilitas perataan ( align ), Spasi, Bullet dan Numbering

    5. Drawing, menyediakan fasilitas yang berhubungan dengan pengelolaan gambar seperti mengatur letak, warna.






    Tab Menu Insert


    Tab Menu Insert
    Kategori :
    1. Tables; menyediakan failitas untuk menyisipkan tabel dalam ms.powerpoint

    2. Illustrations; Terdapat fasilitas untuk menyisipkan picture, clipart, photo album, Smartchart, Chart,

    3. Link; terdapat fasilitas seperti Hyperlink dan Action

    4. Text; Terdiri dari fasilitas text box, header dan footer, dan wordart, kalender

    5. Media Clips; untuk menyisipkan media video dan sound




    Tab Menu Animations
    Tab Menu Animations
    Kategori menu ini :
    1. Preview

    2. Animations; terdiri dari fasilitas custom animation

    3. Transition to this slide; transitions sceme











    Quick Access

    Quick Access jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia berarti menjalankan dengan cepat. fasilitas yang ada pada microsoft Powerpoint 2007 ini berfungsi sesuai dengan namanya yakni mempercepat dan memudahkan melakukan proses pengerjaan file. Dengan demikian kalian tidak perlu lagi melakukan langkah yang panjang ketika melakukan sesuatu.
    Sebagai contoh, Jika kita ingin menyimpan pekerjaan dengan cara panjang maka kita harus melakukan langkah-langkah seperti; klik Office Button - Save. Dengan menggunakan Quick Access maka hanya diperlukan satu langkah saja. Perhatikan video tutorial berikut ini untuk mengetahui langkah mengaktifkan fasilitas Quick Access Toolbar!

    Microsoft Office Button

    Perbedaan antara Microsoft Office 2007 dengan versi sebelumnya terletak pada fasilitas Microsoft Office Button. Microsoft Office Button adalah fasilitas yang berisi perintah dasar seperti New, Open dan lain-lain.


    Keterangan :

    • New          = Untuk membuka file baru

    • Open         = Membuka file yang sudah ada

    • Save          = Menyimpan file

    • Save As    = Menyimpan file dengan nama lain

    • Print           = Mencetak Slide

    • Prepare

    • Send          = Mengirim file melalui email

    • Publish       = Menyebarkan file dengan format lain

    • Close        = Menutup file






    Jumat, 05 Agustus 2011

    Area Kerja Microsoft Powerpoint 2007

    Ketika kalian membaca materi ini, Pak Estu harap kalian telah memahami dan mempraktikkan materi cara membuka program microsoft powerpoint 2007. Jika kalian telah mempraktikkan materi tersebut maka pada layar komputer akan muncul tampilan area kerja microsoft powerpoint 2007 seperti gambar sebagai berikut:



    Area Kerja Microsoft Powerpoint 2007


    Keterangan :
    A = Microsoft Office Button
    B = Quick Access Toolbar
    C = Ribbon Menu
    D = Slides / Outline
    E = Slide
    F = Task Pane
    G = Note Pages
    H = Status Bar

    Kita harus mengenal bagian-bagian dari area kerja ini sehingga untuk pelajaran selanjutnya kalian akan mudah mengikuti video tutorial dari Pak Estu. Silahkan kalian bisa klik pada area-area tersebut untuk mengetahui lebih dalam tentang area kerja microsoft powerpoint 2007

    Marhaban Ya Ramadhan

    Marhaban Ya Ramadhan....
    Selamat datang